Mengakhiri bulan Januari tahun 2023, tepatnya pada tanggal 21 Januari 2023, civitas akademika  STT BNKP Sundermann menyelenggarakan ibadah perayaan Natal 2022 dan Syukuran Tahun Baru 2023. Acara yang diselenggarakan di Auditorium “Teteholi” STT BNKP Sundermann tersebut dimulai pukul 16.00 WIB. Ibadah dan perayaan natal ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika STT STT BNKP Sundermann. Tema yang diangkat dalam natal tahun ini adalah “Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya melalui Jalan Lain” terambil dari nats Matius 2:12. Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Oinike Natalia Harefa, M.Th.

Sesuai dengan tema tersebut, pembicara menyampaikan pesan natal bagi seluruh civitas akademika STT BNKP Sundermann bahwa Orang-orang bijak dari Timur dengan bantuan bintang datang untuk menyembah-Nya dan mempersembahkan emas, kemenyan, dan mur. Setelah mengalami sukacita dalam perjumpaan yang istimewa tersebut, orang-orang bijak itu kembali ke negerinya melalui jalan lain seperti yang ditunjukkan Tuhan. Mereka mampu melewati tantangan, hambatan, dan kesulitan dalam perjalanan mereka mencari Yesus dan setelah berjumpa dengan-Nya mereka juga berani menempuh jalan baru yang belum tentu lebih mudah dari sebelumnya. “Jalan lain” itu dapat dipahami juga secara rohani. Sesudah bertemu dengan Yesus, orang tidak lagi menjalani hidup dengan cara lama, tetapi dengan cara yang baru, menjadi manusia baru. Dengan demikian, Natal juga mengajak kita untuk menemukan jalan baru dan kreatif dalam mewartakan kasih-Nya kepada sesama dan semua makhluk ciptaan.

Dalam sambutannya, Ketua STT BNKP Sundermann, Pdt. Dr. Alokasih Gulo, M.Si., Mengucapkan selamat natal dan kiranya tema dan sub tema natal tahun ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai bapak/ibu dosen, pegawai/staf maupun sebagai mahasiswa, sehingga tercapai STT yang unggul. Pada kesempatan ini juga, Dewan Kurator STT BNKP Sundermann,  juga menyampaikan pesan penggembalaan, yang disampaikan oleh Bapak Pdt. Yaaman Zega, S.Th , M.Min. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa STT sundermann merupakan lahan untuk persemaian para Pendeta-pendeta yang unggul, oleh karena itu mahasiswa patut bangga bisa disemaikan di STT ini. Dengan hasil yang ditawarkan oleh STT BNKP Sundermann, akan memberikan warna tersendiri di gereja-gereja BNKP.

Untuk melengkapi sukacita natal tersebut, ibadah dan perayaan natal ini juga diisi dengan penyalaan lilin natal, persembahan puji-pujian, dan  pertunjukkan drama natal dari mahasiswa STT BNKP Sundermann. (fsh)