Mengawali semester ganjil tahun akademik 2023/2024, sivitas akademika Sekolah Tinggi Teologi (STT) BNKP Sundermann melaksanakan ibadah bersama pada hari Senin, tanggal 7 Agustus 2023. Ibadah Pembukaan dihadiri oleh seluruh mahasiswa, dosen dan staf/pegawai. Ibadah dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Auditorium Teteholi STT BNKP Sundermann, dan pemberitaan Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Tuhoni Telaumbanua, Ph.D.

Setelah penyampaian khotbah, dilaksanakan yudisium kepada mahasiswa/i Prodi S1 PAK dan Prodi S1 Teologi, yang telah menyelesaikan studi akademik. Yudisium dilaksanakan kepada 68 orang mahasiswa/i yang terdiri dari 49 orang mahasiswa/i Program Studi S1 Teologi Kependetaan dan 19 orang mahasiswa/i Program Studi S1 PAK. Setelah pembacaan SK Ketua STT BNKP Sundermann tentang penetapan nama Yudisiawan/i, dilanjutkan dengan penyerahan SK Yudisium kepada peserta Yudisium oleh Bapak Ketua STT BNKP Sundermann, Pdt. Dr. Alokasih Gulo, M.Si.

Seusai ibadah, Ketua STT BNKP Sundermann, Bapak Pdt. Dr. Alokasih Gulo, M.Si mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa/i yang telah diyudisium, dan berpesan agar terus berkarya dan mengembangkan pengetahuan yang telah didapat selama ini melalui pelayanan dan pengajaran, serta menjaga nama baik almamaternya. Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa/i baru yang telah dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa/i STT BNKP Sundermann. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kita patut bersyukur kepada Tuhan Yesus, Sang Kepala dan Pemilik Gereja, Sumber Hikmat yang sesungguhnya, atas pertolongan-Nya kepada sivitas akademika STT BNKP Sundermann sehingga dapat melaksanakan acara pembukaan kegiatan akademik pada semester ganjil 2023/2024. Pada kesempatan itu juga, Ketua STT BNKP Sundermann menyampaikan bahwa oleh karena pertolongan Tuhan, STT BNKP Sundermann dapat memperingati hari berdirinya STT BNKP Sundermann yang ke-25 (Dies Natalis 25 tahun STT BNKP Sundermann). Pada akhir arahannya, Ketua STT BNKP Sundermann secara resmi membuka kegiatan akademik, kegiatan Porseni (Pekan Olahraga dan Seni), dan perayaan Dies Natalis 25 tahun STT BNKP Sundermann.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kuliah umum, dengan tema “Teologi dan Trauma”, yang disampaikan oleh Ibu Pdt. Dr. Oinike Natalia Harefa, M.Th, salah seorang dosen STT BNKP Sundermann. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa trauma adalah persoalan teologis dan spiritual. Menjalani hidup dengan trauma adalah proses yang terkadang menyakitkan, mengecewakan dan bahkan dapat menghancurkan. Namun, keberserahan pada Allah menuntun pada penemuan cinta yang membebaskan. Konsep the dark night of the soul dengan perspektif Teologi Estetika dapat menjadi sumber teologi bagi perjalanan untuk pemulihan trauma.

Acara ini dihadiri oleh unsur Pimpinan STT BNKP Sundermann, Ketua Program Studi S1 Teologi, Ketua Program Studi S1 PAK, Bapak/Ibu Dosen STT BNKP Sundermann, Kepala Unit Kerja dan juga Staf/pegawai serta seluruh mahasiswa/i STT BNKP Sundermann.(fsh)