Pada tahun 2022, tepatnya pada tanggal 22 Februari 2022, STT BNKP Sundermann melaksanakan wisuda kepada lulusan Sarjana Teologi dan  Sarjana Pendidikan Agama Kristen. Wisuda yang dilaksanakan tahun ini, meluluskan program sarjana sebanyak 106 orang, yang terdiri dari Program Sarjana Teologi sejumlah 83 orang dan Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen sejumlah 23 orang.

Kegiatan wisuda ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker. Pelaksanaannya juga terbatas, baik dari jumlah undangan maupun dari rangkaian kegiatannya. Para peserta wisuda hanya diperbolehkan datang dan memasuki ruangan dengan didampingi oleh 2 (dua) orang dari pihak keluarga. Rangkaian acara wisuda diawali dengan Ibadah dan pemberitaan Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Odödögö Larosa, M. Div., dilanjutkan dengan Pembukaan Sidang Terbuka Senat, pembacaan SK kelulusan, setelah itu pelantikan wisudawan/wati sekaligus janji wisudawan/wati, kemudian penyerahan para wisudawan/wati kepada pengurus Ikatan Alumni, lalu diakhiri dengan doa dan penutup.

Dalam pidatonya, Ketua STT BNKP Sundermann Pdt. Dr. Alokasih Gulo, M.Si., menyampaikan selamat kepada mahasiswa/i yang telah dinyatakan lulus dalam proses pendidikan sarjana maupun pasca sarjana. Wisuda ini merupakan kewajiban bagi seluruh mahasiwa/i dalam menyelesaikan kegiatan akademiknya secara lengkap, juga merupakan momen penting untuk merayakan kelulusan sekaligus awal yang baik untuk memulai langkah berikutnya dalam menerapkan ilmu yang telah diterima selama ini.  Pada pelaksanaan wisuda tahun ini, sempat mengalami penundaan oleh karena situasi pandemi covid19 yang memaksa kita untuk membatasi kegiatan yang berpotensi mendatangkan banyak orang dan masih banyaknya mahasiswa yang belum menyelesaikan kewajiban pengiriman artikelnya di jurnal ilmiah sebagaimana disyaratkan dalam pedoman penulisan tugas akhir mahasiswa STT BNKP Sundermann. Beliau juga menyampaikan harapan terbesarnya kepada para wisudawan/wati yaitu untuk mengabdikan diri di tengah-tengah jemaat dan masyarakat, dan mampu memberikan bukti nyata kepada publik bahwa lulusan STT BNKP Sundermann dapat menjadi pelayan berintegritas yang siap melayani di kota maupun di desa.

Pada tahun ini, wisuda dilaksanakan dengan tema : “Pelayan Berintegritas yang Siap Melayani (Titus 2:6-10)”. Tema ini muncul di tengah-tengah kegelisahan kita akan situasi dunia yang mengeluh kesakitan: sakit karena pandemi covid19, dan sakit karena berbagai pergolakan yang terjadi baik di tingkat global maupun nasional dan lokal. Pandemi covid19 ternyata tidak cukup untuk menghentikan nafsu negara-negara besar untuk saling menguasai dalam berbagai cara dan bentuk, dan tidak cukup untuk menghentikan nafsu banyak orang untuk merusak kehidupan yang pada mulanya diciptakan dengan amat baik oleh Tuhan. Melalui tema ini, para wisudawan dan wisudawati diteguhkan untuk merespons seruan Tuhan itu dengan berkata, “Hineni Syelakheni! Ini aku, utuslah aku!” Utusan yang seperti apa? Utusan yang berintegritas dan siap melayani, baik di kota maupun di desa.

Acara ini dihadiri oleh Dewan Kurator, Anggota Senat Perguruan Tinggi STT BNKP Sundermann, Bapak/Ibu Dosen STT BNKP Sundermann, Kepala Unit Kerja dan juga Staff/pegawai, Pimpinan Daerah, Pimpinan Sinode dari Gereja-gereja Pendukung, undangan dari beberapa instansi yang menjalin kerjasama dengan STT BNKP Sundermann dan juga undangan dari yang mewakili orangtua atau keluarga wisudawan/wati. (FSH)