Pada tahun 2022, ada 2 (dua) hal yang menjadi program STT BNKP Sundermann yakni Audiensi kepada Pimpinan Gereja Sinode Pendukung dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023. Berkaitan dengan hal tersebut, pimpinan STT BNKP Sundermann bersama dengan Panitia PMB STT BKNP Sundermann tahun 2022 melaksanakan kunjungan ke Sinode Gereja ONKP sebagai salah gereja pendukung STT BNKP Sundermann yang berada di desa Tugala Lahomi, Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat pada hari Rabu, tanggal 18 Mei 2022. Rombongan dari STT BNKP Sundermann disambut baik oleh Pimpinan Sinode Gereja ONKP yang baru terpilih untuk masa kerja 2022-2027, Pdt. Matias Daeli, S.Th (Ephorus) dan Pdt. Azasman El Zai, S.Th (Benpus).

Pada pertemuan ini, Pimpinan STT BNKP Sundermann bersama panitia PMB STT BNKP Sundermann tahun 2022, menyampaikan sosialisasi tentang program Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 STT BNKP Sundermann yang telah dibuka mulai dari tanggal 1 April sampai dengan 1 Juli 2022. Pada kesempatan ini juga Pimpinan STT BNKP Sundermann dan Pimpinan Sinode Gereja ONKP mendiskusikan banyak hal yang terkait dengan harapan dan kerjasama kedua belah pihak dalam rangka mempersiapkan tenaga pelayan, tenaga pengajar (dosen) dan peningkatan kualitas pelayanan pada masa yang akan datang.

Pimpinan Sinode Gereja ONKP menyambut baik kunjungan Pimpinan STT BNKP Sundermann yang ditandai dengan disepakatinya rencana penyusunan dan pelaksanaan MoU kerjasama yang akan ditindaklanjuti pada pertemuan berikutnya.